Profile Sekolah

PROFIL UPT SMP NEGERI 1 GRESIK

2023—2024

UPT SMP NEGERI 1 GRESIK TAMPAK DEPAN

TAMAN UPT SMP NEGERI 1 GRESIK

  1. IDENTITAS SEKOLAH

1. Nama Sekolah : UPT SMP NEGERI 1 GRESIK.

2. No. Statistik Sekolah : 20 1 05 01 05 001

3. NPSN : 20500492

4. Tipe Sekolah : A1 /A2 / B / B1 / B2 / C / C1/ C2

5. Alamat Sekolah  : JL. JAKSA AGUNG SUPRAPTO NO. 79 GRESIK

: ( Kecamatan ) GRESIK

: ( Kabupaten / Kota ) GRESIK

: ( Propinsi ) GRESIK

6. Telepon/HP/Fax : 031 – 3981840 / Fax. 031 – 3976530

7. Email/Webe-site : smp1­_gresik@yahoo.co.id / www.smpn1gresik.com

8. Status Sekolah : Negeri / Swasta

9. Nilai Akreditasi Sekolah : A ( Nilai 93 )

10. Akreditasi Perpustakaan : B

11. Luas Lahan, dan jumlah rombel :

Luas Lahan : 4.150 M2

Jumlah Ruang pada lantai 1 : 18 Ruang

Jumlah Ruang pada lantai 2 : 20 Ruang

Jumlah Ruang pada lantai 3 : 11 Ruang

Jumlah Rombel : 30 Rombel

12. Prosentase ruang kelas yang sudah berbasis IT : 100 %

13. Prosentase guru yang S2/S3 : 35,85 %

14. Apakah Sekolah sudah memiliki fasilitas HOT-SPOT : a. Sudah b. Belum

15. Apakah sekolah sudah memiliki sister-school : a. Sudah b. Belum

16. Apakah sekolah sudah memiliki sertifikat ISO 9001 : a. Sudah b. Belum

Apabila sudah : Lembaga sertifikasi : BSI

Versi ISO : 9001 : 2008

Tahun : 2016

        2.   VISI DAN MISI SEKOLAH

VISI SEKOLAH

“ UPT SMP NEGERI 1 GRESIK MENJADI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG UNGGUL, BERWAWASAN LINGKUNGAN DILANDASI IMAN DAN TAQWA“.

Indikator Visi :

  1. Terwujudnya lulusan dengan kompetensi yang lebih tinggi dari standar kompetensi lulusan, beriman, bertaqwa, cinta tanah air, cerdas serta berkompetetif.
  2. Terwujudnya muatan/materi mata pelajaran setara atau lebih tinggi dari muatan pelajaran pelajaran yang ditetapkan secara nasional.
  3. Terwujudnya pembelajaran yang diperkaya model proses pembelajaran di sekolah.
  4. Terwujudnya pembelajaran yang efektif, efisien serta mengembangkan proses berpikir tingkat tinggi.
  5. Terwujudnya tenaga pendidik yang dapat memfasilitasi pembelajaran berbasis TIK.
  6. Terwujudnya tenaga kependidikan bervisi internasional, mampu membangun jejaring internasional, memiliki kompetensi manajerial, serta jiwa kepemimpinan dan entreprenerural yang kuat
  7. Terwujudnya setiap ruang kelas yang dilengkapi dengan sarana pembelajaran berbasis IT
  8. Terwujudnya sarana prasarana yang relevan dalam pendidikan seperti ruang multimedia, ruang unjuk seni budaya, fasilitas olahraga, klinik, dan lain sebagainya.
  9. Terwujudnya perpustakaan yang dilengkapi dengan sarana digital yang memberikan akses ke sumber pembelajaran berbasis TIK di seluruh dunia.
  10. Terwujudnya penilaian yang diperkaya dengan model penilaian di sekolah.
  11. Terwujudnya model pembiayaan yang efisien untuk mencapai berbagai target indikator kunci tambahan
  12. Terwujudnya budaya sekolah yang peduli melestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, mencegah kerusakan lingkungan hidup
  13. Terwujudnya budaya sekolah yang mampu membiasakan berperilaku hidup sehat

MISI SEKOLAH

  1. Mewujudkan standar kelulusan dari sekolah yang lebih tinggi dari standar kompetensi lulusan.
  2. Mewujudkan bimbingan prestasi akademik dan non akademik sehingga mampu berkompetisi di tingkat nasional maupun Internasional.
  3. Mewujudkan perangkat kurikulum yang mutakhir, dan berwawasan kedepan.
  4. Mewujudkan perpustakaan yang dilengkapi dengan sarana digital yang memberikan akses ke sumber pembelajaran berbasis TIK.
  5. Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang unggul dan tangguh serta memiliki kompetensi secara global.
  6. Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, mutakhir, dan berwawasan kedepan serta secara global.
  7. Mewujudkan pelaksanaan pengembangan MBS.
  8. Mewujudkan Pengembangan system penilaian berbasis kompetensi dan secara global
  9. Mewujudkan sekolah inovatif, kreatif, dinamis, dan secara global.
  10. Mewujudkan sekolah yang peduli pelestarian fungsi lingkungan
  11. Mewujudkan sekolah yang mampu mencegah terjadinya pencemaran lingkungan
  12. Mewujudkan sekolah yang mampu mencegah kerusakan lingkungan hidup
  13. Mewujudkan nilai-nilai agama bagi kenikmatan hidup peserta didik dan mampu beradaptasi dengan perkembangan budaya global sesuai jati diri bangsa
  14. Mewujudkan sekolah yang mampu membiasakan perilaku hidup sehat.
  15. Mewujudkan sekolah yang mampu membiasakan perpustakaan sebagai salah satu

sumber belajar

TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN

  1. Tercapainya penyusunan dokumen SKL yang lebih tinggi dari SNP dengan lengkap.
  2. Tercapainya pemberian bimbingan prestasi non akademik yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan yang unggul dan berkompeten.
  3. Tercapainya keikutsertaan siswa dalam lomba bidang prestasi akademik dan non akademik tingkat Nasional atau Internasional.
  4. Tercapainya hasil lulusan yang lebih tinggi dari standar kompetensi lulusan.
  5. Tercapainya pelaksanaan standar isi yang mengadaptasi/ mengadopsi sekolah unggul dari salah satu negara-negara maju ( KTSP, meliputi kurikulum satuan, model/ sistem penilaian, RPP)
  6. Tercapainya penyediaan bahan ajar cetak yang mengadaptasi/ mengadopsi sekolah unggul dari salah satu negara maju.
  7. Tercapainya pemberian pembelajaran yang melatih siswa dalam mengembangkan berpikir tingkat tinggi serta memecahkan masalah.
  8. Tercapainya pemberian bimbingan keagamaan dan nilai-nilai hidup bagi peserta didik agar mampu beradaptasi dengan perkembangan budaya global sesuai jati diri bangsa yang diwujudkan dalam pembelajaran baik akademis maupun non akademis.
  9. Tercapainya pemberian pembelajaran yang melatih siswa berpikir kritis, kreatif dan inovatif serta problem solving.
  10. Tercapainya standar proses pembelajaran yang diperkaya model proses pembelajaran sekolah unggul dari negara-negara maju.
  11. Tercapainya standard penilaian yang diperkaya dengan model penilaian yang setara dari Negara-negara maju.
  12. Tercapainya guru mengikuti pelatihan Kurikulum 2013.
  13. Tercapainya guru mengajar sesuai bidangnya.
  14. Tercapainya guru mampu berbahasa Inggris.
  15. Tercapainya guru mampu menggunakan perangkat TIK.
  16. Tercapainya tenaga kependidikan (Kepala Sekolah, TU, Pustakawan, Laboran ) berkualifikasi minimal S1.
  17. Terwujudnya setiap ruang kelas yang dilengkapi dengan sarana pembelajaran berbasis IT
  18. Terwujudnya perpustakaan yang diloengkapi dengan sarana digital yang memberikan akses ke sumber pembelajaran berbasis TIK di seluruh dunia.
  19. Dapat menjalin kerjasama dengan sekolah setingkat yang setara dan /atau lebih unggul.
  20. Tercapainya model pembiayaan yang efisien untuk mencapai berbagai target indikator kunci tambahan setiap tahun .
  21. Tercapainya Pengembangan Sistem Penilaian berbasis kompetensi sesuai Permendikbud No. 23 tahun 2016 dan mengembangkannya secara online.
  22. Tercapainya pengembangan budaya sekolah yang melestarikan fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, dan mencegah kerusakan lingkungan hidup.
  23. Terwujudnya lulusan yang inovatif, kompetitip, marketibel, problem solver, peduli Lingkungan Hidup dilandasi Iman dan Taqwa.
  24. Terwujudnya nilai-nilai agama bagi kenikmatan hidup peserta didik dan mampu beradaptasi dengan perkembangan budaya global sesuai jati diri bangsa
  25. Terwujudnya sekolah yang mampu membiasakan perilaku hidup sehat.
  26. LETAK GEOGRAFIS DAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH

UPT SMP Negeri 1 Gresik terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto No 79 kelurahan Sidokumpul kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. UPT SMP Negeri 1 Gresik berdekatan dengan perpustakaan daerah ± 0.5 km ke kiri, SMP Yimi Gresik Full Day School ± 0.66 km ke kanan, Kompleks makam Maulana Malik Ibrahim ± 0.42 km dan museum Daerah Kabupaten Gresik Sunan Giri ± 0.24 km.

Kondisi lingkungan masyarakat UPT SMP Negeri 1 Gresik sebagai berikut :

  1. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat sekitarnya adalah wiraswasta
  2. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan sudah baik
  3. Pendidikan wali murid mayoritas SMA ( 57%)
  4. SD atau MI sekitar 5 lembaga dari ± 33 lembaga di kecamatan Gresik dengan jumlah siswa ± 7.500 anak
  5. KONDISI OBYEKTIF SEKOLAH
  6. Data Siswa 4 (empat tahun terakhir):
Th. Pelajaran Jml Pendaftar

(Cln Siswa Baru)

Kelas VII Kelas VIII Kelas IX Jumlah

(Kls. VII + VIII + IX)

Jml Siswa Jumlah Rombel Jml Siswa Jumlah Rombel Jml Siswa Jumlah Rombel Siswa Rombel
2018—2019 522 317 10 318 10 328 11 963 31
2019—2020 479 320 10 319 10 317 10 956 30
2020—2021 609 316 10 316 10 315 10 947 30
2021—2022 569 319 10 317 10 317 10 953 30

3.   Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan

    1. Kepala sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
Nama Jenis Kelamin Usia Pend Akhir Masa Kerja
L P
1. Kepala Sekolah BERI AVITA PRASETIYA, M.Pd 38 S-2 13
2. Waka Kurikulum IKHSAN EFENDI, S.Pd,i 37 S-1 4
3 Waka Kesiswaan NURUL WAHYU P, S.Pd 43 S-1 15
4 Waka Sarpras Humas KARIYATI, S.Pd. 49 S-1 16
    1. Pendidik

Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah

No. Tingkat Pendidikan Jumlah dan Status Guru Jumlah
GT/PNS GTT/Guru Bantu
L P L P
1. S3/S2 5 11 1 17
2. S1 5 20 1 9 35
3. D-4
4. D3/Sarmud
5. D2
6. D1
7. ≤ SMA/sederajat
Jumlah 10 31 2 9 52
    1. Tenaga kependidikan

Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah

No. Tingkat Pendidikan Jumlah dan Status Tenaga Kependidikan Jumlah
PNS PTT
L P L P
1. S1 4 2 2 8
2. D3/Sarmud 1 1 2
3. ≤ SMA/sederajat 1 7 8
4 SD
Jumlah 1 4 10 3 18
    1. Jumlah Guru Mata Pelajaran PNS & Non PNS
No. Mata Pelajaran PNS Non PNS Jumlah
1 Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti 1 2 3
2 Pendidikan Agama Katholik dan budi pekerti 1 1
3 PPKn 1 1 2
4 Bahasa Indonesia 7 7
5 Matematika 6 1 7
6 Ilmu Pengetahuan Alam 5 2 7
7 Ilmu Pengetahuan Sosial 4 1 5
8 Seni Budaya 3 3
9 Penjasorkes 3 3
10 Bahasa Inggris 5 1 6
11 Prakarya 1 1
Informatika 1 1
B. Daerah 1 1
12 BP/BK 3 2 5
J u m l a h 41 11 52
  1. DATA SARANA RUANG DAN LAPANGAN

a) Data Ruang Belajar (Kelas)

Kondisi Jumlah dan ukuran Jml. ruang lainnya

yg digunakan untuk r. Kelas

(e)

Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas

(f)=(d+e)

Ukuran

7×9 m2 (a)

Ukuran

> 63m2 (b)

Ukuran

< 63 m2 (c)

Jumlah (d) =(a+b+c)
Baik 28 28 30
Rsk ringan 2 2
Rsk sedang
Rsk Berat
Rsk Total

Keterangan kondisi :

Baik Kerusakan < 10%
Rusak ringan 10% – < 15%
Rusak sedang 5% – < 10%
Rusak berat 0%
Rusak total 0%

b) Data Ruang Belajar Lainnya

Jenis Ruangan Jumlah (buah) Ukuran (pxl) Kondisi*) Jenis Ruangan Jumlah (buah) Ukuran (pxl) Kondisi
1. Perpustakaan 1 18 x 7 Baik 4. Kesenian
2. Lab. IPA 2 10 x 7

/ruang

Baik 5. Lab.Komputer 5 9 x 7

/ruang

Baik
3. Ketrampilan

c) Data Ruang Kantor

Jenis Ruangan Jumlah (buah) Ukuran (pxl) Kondisi*)
1. Kepala Sekolah 1 9 x 7 Baik
2. Wakil Kepala Sekolah
3. Guru 1 22 x 7 Baik
4. Tata Usaha 1 9 x 7 Baik
5. R. Serbaguna 1 9 x 7 Baik
6. Ruang Staf

d) Data Ruang Penunjang

Jenis Ruangan Jumlah (buah) Ukuran (pxl) Kondisi*) Jenis Ruangan Jumlah (buah) Ukuran (pxl) Kondisi
1. Gudang/Data 1 7 x 9 Baik 10. Ibadah 2 7 x 18

7 x 9

Baik
2. Gudang 1 4 x 4 Baik 11. Gudang OR 1 5 x 5 Baik
3. Produksi 1 7 x 3 Baik 12. Koperasi 1 7 x 4 Baik
4. KM/WC Guru 3 2 x 2,5 Baik 13. Hall/lobi 1 3 x 5 Baik
5. KM/WC

Siswa

17 2 x 1,75 Baik 14. Kantin 2 5 x 18 Baik
6. BK 1 7 x 9 Baik 15. Rumah Pompa/ Menara Air
7. UKS 1 7 x 9 Baik 16. Rumah Penjaga
8. PMR/Pramuka 1 7 x 5 Baik 17. Pos Jaga 1 3 x 2 Baik
9. OSIS 1 7 x 4 Baik 18. Aula 1 7 x 40 Baik

e) Lapangan Olahraga dan Upacara

Lapangan Jumlah (buah) Ukuran (pxl) Kondisi Keterangan
  1. Lapangan Olahraga
  2. Basket
  3. Futsal
  4. Bola Voli
  5. Bulu Tangkis
  6. Bak lompat
1

1

1

2

1

45 x 27 Baik
2. Lapangan Upacara

Kepemilikan Tanah : Pemerintah/yayasan/pribadi/menyewa/menumpang*)

Status Tanah : SHM / HGB / Hak Pakai / Akte Jual Beli / Hibah* )

Luas Lahan/Tanah : 4.150 m2

Luas Tanah Terbangun : 1.468 m2

Luas Tanah Siap Bangun : – m2

Luas Lantai Atas Siap Bangun : – m2

*) Coret yang tidak perlu

F. PERABOT UTAMA

1. Perabot ruang kelas (belajar)

No. Jumlah ruang kelas Perabot
Jumlah dan kondisi meja siswa Jumlah dan kondisi kursi siswa Almari + rak buku/alat Papan tulis
Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

30 750 750 955 955 30 30

2. Perabot ruang belajar lainnya

No. Ruang Perabot
Meja Kursi Almari + rak buku/alat Lainnya
Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Perpustakaan 2 2 20 20 16 16
Lab. IPA 16 16 70 70 7 7
Ketrampilan
Lab. bahasa
Lab. Komputer 80 80 80 80 2 2
Serbaguna
Kesenian
Lainnya :
  1. Perabot Ruang Kantor
No. Ruang Perabot
Meja Kursi Almari + rak buku/alat Lainnya
Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Kepala Sekolah 4 4 7 7 4 4
Guru 58 58 58 58 9 9
Tata Usaha 8 8 14 14 4 4
Tamu 1 1 3 3
Lainnya : …

4. Perabot Ruang Penunjang

No. Ruang Perabot
Meja Kursi Almari + rak buku/alat Lainnya
Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml Baik Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

BK 5 5 9 9 7 7
UKS 3 3 6 6 4 4
PMR/Pramuka 1 1 2 2
OSIS 1 1 2 2
Gudang 2 2
Ibadah 4 4
Koperasi 2 2 2 2 3 3
Hall/lobi 2 2 3 3
Kantin 20 20 40 40
Pos jaga 2 2 4 4
Produksi 2 2 4 4 4 4
Genset
  1. KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN
No. Jenis Jumlah Kondisi
Rusak Baik
1. Buku Paket (semua mata pelajaran) 15.365 30 15.335
2. Buku Non Fiksi 3.010 35 2.975
3. Buku Fiksi 2.500 10 2.490
4. Buku Referensi 6.321 4 6.317
5. VCD dll. 353 353
6. Jurnal 5 1 4
7. Majalah 130 10 120
8. Surat Kabar 6 1 5
9. Lainnya …. 9 9
Total 27.699 91 27.608
  1. FASILITAS PENUNJANG PERPUSTAKAAN
No. Jenis Jumlah / Ukuran/ Spesifikasi
1. Komputer 2 / Baik, 6 Kurang baik
2. Ruang baca 2 / Baik
4. TV 1 / Baik
5. LCD 1 / Baik
6. VCD/DVD player 1 / Baik
7. Printer 1 / Baik
8. Lainnya
  1. DATA ALAT/BAHAN LABORATORIUM DAN MEDIA PENDIDIKAN

1. Alat/Bahan di Laboratorium/Ruang Keterampilan/Ruang Multimedia

No. Alat/bahan Jumlah, kualitas, dan kondisi alat/bahan*)
Jumlah Kualitas Kondisi
<25% dr keb. 25%-50% dr keb. 50%-75% dr keb. 75%-100% dr keb. Kurang Cukup Baik Sangat baik Rusak berat Rusak ringan Baik
Lab. IPA
Lab. Bahasa
Lab. Komputer
Kesenian
2. INVENTARIS LABORATORIUM KOMPUTER
No Jenis Jml Kondisi Kualitas/Fungsi Keterangan
Baik Buruk Layak Tidak Layak
Prasarana
1 Ruang Praktek 5 5 5
2 Ruang Persiapan 5 5 5
3 Ruang Penyimpanan 4 4 4
4 Ruang Gudang 1 1 1
5 Meja Laboratorium Komputer 101 101 101
6 Kursi Laboratorium Komputer 129 129 129
7 Saluran dan instalasi listrik Ada V V
8 Sirkulasi Udara Ada V V Kipas Angin/AC*)
9 Sistem pencahayaan Ada V V
10 Komputer saling terhubungkan Ada V V
11 Jaringan internet Ada V V Speedy
12 Ketersediaan Daya Listrik 112.000 Watt
Alat Praktikum Komputer
1 Komputer
A Intel Pentium IV 38 38 38
B Dual Core 42 30 12 30
C Core I3 24 24 24
D Core I5 6 5 1 4 1
2 Printer
3 Scanner
4 Stabilizer
Keadaan Keterangan
5 Perangkat Lunak Asli Tdk Asli
Sebutkan Perangkat Lunak yang 1. Windows 8.1
dimiliki sekolah 2. Office 2013
3 . Windows 7
  1. DATA PRESTASI SEKOLAH

Prestasi sekolah/siswa dua (2) tahun terakhir.

Angka Kelulusan dan Melanjutkan

No. Tahun Ajaran Jumlah Kelulusan dan Kelanjutan Studi
Jumlah Peserta Ujian Jumlah Lulus % Kelulusan % Lulusan yang Melanjutkan Pendidikan % Lulusan yang TIDAK Melanjut kan Pendidikan
1. 2019/2020 317 317 100% 100 % 0%
2. 2020/2021 314 314 100% 100 % 0%

Nilai Rata-rata Ujian Sekolah (US)

No Mata Pelajaran Rata-rata Nilai US
Tahun 2019/2020 Tahun 2020/2021
1 Pendidikan Agama 92,74 94,21
2 PKn 89,78 91,56
3 Bhs. Indonesia 90,09 91,95
4 Bhs. Inggris 89,03 90,20
5 Matematika 90,28 91,72
6 Ilmu Pengetahuan Alam 90,17 86,30
7 Ilmu Pengetahuan Sosial 88,74 87,89
8 Kesenian 89,54 95,92
9 Penjasorkes 86,34 86,79
10 TIK / Prakarya 89,85 93,38
11 B. Daerah 90,34 91,37
Rata-2 semua mata pelajaran 89,72 91,02
    1. Perolehan Kejuaraan / Prestasi Akademik :
No. Nama Lomba 2019—2020 2020—2021
Juara ke: Tingkat Juara ke: Tingkat
Kab/

Kota

Pro-pinsi Nasio-nal Kab/

Kota

Pro-pinsi Nasional
1 OSK (IPA) 1, 2 V V 2 V
2 Olimpiade IPS 3,2 V V
3 OSK (Mat) 1 V
4 KIR (IPA)
5 KIR (IPS)
6 KIR (Teknologi)
7 Story telling H2,

H3

V
8 Debat B.Inggris
    1. Perolehan Kejuaraan/Prestasi Non Akademik
No. Nama Lomba 2019—2020 2020—2021
Juara ke: Tingkat Juara ke: Tingkat
Kab/

Kota

Pro-pinsi Nasi- onal Kab/

Kota

Pro-pinsi Nasional
1 Kejurnas (Renang) 1,2 V V
2 O2SN Renang 1 V
3 Lomba Renang 1,2,3 V
4 Desain Poster 3 V
5 Sepak Bola 2 V
6 Cerdas Cer.AgamaHindu 3 V
7 Futsal 1,2 V V
8 Robotik 1,2 V
9 Olimpiade TI 1 V
10 Ju Jitsu 3 V V
11 Membaca berita 1 V

Gresik, 17 Juli 2023

Kepala UPT SMPN 1 Gresik

BERI AVITA PRASETIYA, M.Pd

NIP 196303121989031021